FotoBerita DeputiDeputi 2Siaran Pers

Tingkatkan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kemenko Marves Adakan Koordinasi Bersama Perum Perindo, Perinus, BNI, dan fishOn

Dibaca: 9 Oleh Selasa, 23 Maret 2021Maret 24th, 2021Tidak ada komentar
Tingkatkan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kemenko Marves Adakan Koordinasi Bersama Perum Perindo, Perinus, BNI, dan fishOn
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-190/HUM/ROKOM /SET.MARVES/III/2021

Marves – Jakarta,  Sesuai Perpres Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 yaitu devisa negara dari ekspor produk kelautan dan perikanan, ditargetkan produksi di sektor perikanan dan kelautan sebesar US$ 8,2 miliar di tahun 2024 dan konsumsi ikan per kapita Indonesia mencapai 60,9 Kg di tahun 2024. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan peningkatan daya saing yang dimulai dengan memperhatikan mutu dari produk kelautan dan perikanan dari hulu sampai dengan hilir  agar kualitas tetap terjaga dan harga tetap premium. Perlu  dukungan yang terintegrasi  terkait infrastruktur pendukung untuk pengelolaan perikanan tangkap dan budidaya. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim menjadi bagian yang bertanggung jawab dalam proses peningkatan daya saing ini.

“Peningkatan daya saing berarti meningkatkan mutu produk kelautan dan perikanan dari hulu sampai dengan hilir, untuk itu kita memerlukan bantuan dan kerjasama dari semua stakeholder baik pemerintah maupun swasta. Dukungan dan kerjasama dengan swasta antara lain dengan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang perikanan seperti Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (PT Perinus), Bank Negara Indonesia (BNI) dan fishOn, untuk membantu dan membuat ekosistem dalam menunjang kualitas dan kuantitas produk kelautan dan perikanan,” ungkap Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Daya Saing Dedy Miharja dalam rapat koordinasi (rakor) monitoring dan evaluasi kerja sama antara Kemenko Marves dengan Perum Perindo dan fishOn sebagai aplikasi yang dikelola oleh PT Daya Gagas Indonesia (PT DGI) bersama pihak terkait pada Selasa (23-03-2021).

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menggandeng Perum Perindo, PT Perinus, dan fishOn untuk memfasilitasi usaha guna meningkatkan daya saing produk kelautan dan perikanan ini, melalui beberapa cara. Perum Perindo misalnya, mendukung untuk memfasilitasi tempat pelelangan ikan (TPI) di kawasan WPP 714, 715 dan 718 yang lebih tertata rapi melalui aplikasi fishOn yang dibuat oleh PT DGI. Sementara PT Perinus siap mendukung melalui 10 (sepuluh) kantor cabang yang 5 (lima) diantaranya memiliki cold storage yang sudah beroperasi.

“Kita siap mendukung dengan cold storage seperti di Gorontalo, Bitung, Bacan, Sorong, dan Ambon. PT Perinus siap untuk membeli dan menjadi off taker ikan dari nelayan untuk dipasarkan secara domestik dan ekspor” ungkap perwakilan dari PT Perinus.

Perlu diketahui, bahwa terdapat proses dalam melakukan pengolahan untuk meningkatkan produk perikanan. Pertama adalah saat ikan ditangkap di pelabuhan perikanan atau tempat budidaya, akan masuk ke TPI. Setelah itu nantinya akan di ekspor atau untuk konsumsi domestik dan kebutuhan lokal lainnya seperti untuk restoran. Selama proses ini, kualitas atau mutu dari ikan perlu untuk dijaga dengan baik. Maka dari itu, penting terdapat infrastruktur yang memadai dalam menjaga mutu ikan. Diperlukan modal yang cukup besar dan oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan.

Lembaga perbankan seperti BNI juga turut membantu proses peningkatan daya saing ini dengan  memberikan pinjaman yang berupa modal KUR untuk nelayan, permodalan untuk koperasi nelayan hingga modal bagi Perum Perindo.

Diharapkan rapat koordinasi ini bisa mempercepat pembangunan ekosistem yang baik untuk mewujudkan peningkatan daya saing produk  kelautan dan perikanan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada RPJMN 2020 -2024.

Biro Komunikasi

Baca juga:  Jelang Acara Puncak Sail Nias, Pemerintah Kebut Perbaiki Infrastruktur

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel