Siaran PersHeadlineBeritaFoto

Tingkatkan Implementasi RB di Kemenko Marves, Menko Luhut: Kita Harus Berbenah Diri Untuk Jadi Best of The Best

Dibaca: 134 Oleh Jumat, 14 Agustus 2020September 22nd, 2020Tidak ada komentar
Tingkatkan Implementasi RB di Kemenko Marves, Menko Luhut: Kita Harus Berbenah Diri Untuk Jadi Best of The Best
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-115/HUM/ROKOM/SET-MARVES/VI/2020

Marves-Jakarta, Sebagai bentuk komitmen Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi (RB), oleh karena itu diselenggarakan acara Jam Pimpinan dengan mengusung tema “Kemenko Marves is The Best”.

“Saya bangga sekali melihat semangat kalian. Di Kemenko Marves ini, kami suka melakukan pertemuan semacam ini. Kita memang organisasi baru, tapi menurut saya kita mulai membentuk budayanya. Tadinya kan kita ini dari lembaga macam-macam dan untuk menyatukan budaya ini tentu tidak mudah,” ujar Menko Luhut saat memberikan sambutan acara yang diselenggarakan di Auditorium Gedung BPPT, Jakarta pada (14-08-2020).

Menko Luhut menyebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) muda sekarang ini membawa semangat yang baik untuk melaksanakan program kerja Kemenko Marves. Oleh karena itu menurutnya, perlu sekali adanya pengembangan kapabilitas diri seperti mengikuti pelatihan bahasa inggris ataupun bidang-bidang studi yang sesuai dengan penugasan masing-masing.

“Kami serius untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak muda ini agar mereka bisa membawa Indonesia ke depan. Spesialisasi itu sangat penting, itu saya minta kepada kalian untuk ikuti itu. Jadi kalau kalian ingin maju, kalian harus bekerja keras. Chance never come twice. Jadi kalau kau diberi kesempatan tapi kau tidak bisa manfaatin, itu kamu hilangkan satu kesempatan dalam perjalanan hidupmu,” pesan Menko Luhut di hadapan seluruh pegawai lingkup Kemenko Marves yang hadir di tempat ataupun secara virtual.

Baca juga:  Menko Luhut: Indonesia Alokasikan Empat Koridor Pada Proyek BRI

Upaya pencapaian target dan sasaran RB tentunya memerlukan komitmen yang kuat setiap Pimpinan untuk selalu didepan dalam memimpin, pembinaan dan pemantauan serta mengevaluasi pelaksanaan RB secara berkelanjutan dengan harapan meningkatnya kinerja Kemenko Marves.

“Kinerja dimaksud sesuai dengan tugas dan fungsi yang dimandatkan Presiden yaitu menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi dalam Perumusan Kebijakan serta Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan kepada stakeholder terkait, sehingga kinerja yang dihasilkan benar-benar berdampak bagi negara dan kesejahteraan rakyat melalui penerapan RB secara serius,” jelasnya.

Disebutkan bahwa indeks RB Kemenko Marves sejak berdiri pada Tahun 2015 (relatif baru usia 5 Tahun) telah mendapatkan predikat kategori “B”, dan merupakan salah satu Kementerian dengan perolehan indeks RB tercepat yang bisa mencapai kategori “B” dalam jangka waktu 5 Tahun.

“Tentunya kita harus terus berbenah diri agar ke depan Kemenko Marves bisa menjadi yang the best, bahkan best of the best. Jadi harus tekad, supaya itu jadi kita harus kerja dengan teamwork. Kalau kau tidak berlatih dengan baik, kau akan kalah bersaing. Dan jika kau kalah bersaing, negara yang menjadi taruhannya. Oleh karena itu, saya minta kalian berbenah diri, melatih dirimu dan yang paling saya tekankan adalah be yourself!” tegas Menko Luhut.

Baca juga:  Menko Luhut B. Pandjaitan Memimpin Rakor Tindak Lanjut Kawasan Pariwisata Danau Toba

“Pak Tjahjo, saya kira Eselon I saya semua satu padu untuk mendukung supaya Kemenko Marves ini menjadi yang terbaik. Secara khusus saya mengapresiasi kerja keras para Eselon I dengan terus berinovasi dan berkomitmen mendukung penguatan implementasi RB di lingkungan Kemenko Marves,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Menko Luhut yakin bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi tempat berhimpunnya ide dan kreativitas serta tempat bertukar pengalaman dan kinerja masing-masing unit kerja eselon I dalam mengimplementasikan dan mengharmonisasikan berbagai kebijakan terkait Kedaulatan Maritim dan Energi, Sumber Daya Maritim, Infrastruktur dan Transportasi, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Investasi dan Pertambangan.

“Jadi saya minta kita sinergikan semua, tanpa ada sinergi ini tidak akan ada terjadi itu semua. Akhir kata, saya berharap semangat gotong royong, kerja sama, dan kerja keras yang kita lakukan ini dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat dan negeri kita tercinta,” tutup Menko Luhut.

Dalam kesempatan ini Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo juga memberikan penghargaan kepada Unit Eselon I terbaik Pengelolaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB yaitu Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan.

Baca juga:  Peserta ENJ KRI Dewaruci Diberikan Pembekalan Oleh Kemenko Maritim

“Saya berikan apresiasi untuk sore hari ini, bahwa Pak Menko memberikan penghargaan untuk jajarannya untuk terus berprestasi. Dan teman-teman sekalian cukup beruntung memiliki pimpinan seperti Pak Luhut itu,” sebut Menteri Tjahjo Kumolo.

Ia juga menambahkan bahwa visi dan misi Presiden Jokowi terkait Reformasi Birokrasi yaitu menjadikan ASN yang profesional. Arah kebijakan RB Nasional yaitu Penyederhanaan Birokrasi dan Pembangunan SPBE Terintegrasi, Pembangunan ASN Profesional, Reformasi Sistem Manajemen Kinerja serta Tranformasi Pelayanan Publik.

Menteri Tjahjo Kumolo juga mengingatkan kepada seluruh ASN yang hadir untuk menjaga kesehatan, tetap disiplin dalam menaati dan menerapkan protokol kesehatan, serta untuk bekerja lebih produktif.

Sebagai informasi dalam rangka melaksanakan kebijakan Presiden terkait Penyederhanaan Birokrasi dan Penyederhanaan Eselonisasi guna memangkas prosedur dan birokrasi yang panjang di setiap K/L dan Pemerintah Daerah, Kemenko Marves menjadi Kemenko pertama yang mengusulkan dan mendapatkan persetujuan penyederhanaan birokrasi menjadi 2 (dua) level Eselon.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Tingkatkan Implementasi RB di Kemenko Marves, Menko Luhut: Kita Harus Berbenah Diri Untuk Jadi Best of The Best

 

Tingkatkan Implementasi RB di Kemenko Marves, Menko Luhut: Kita Harus Berbenah Diri Untuk Jadi Best of The Best

 

Tingkatkan Implementasi RB di Kemenko Marves, Menko Luhut: Kita Harus Berbenah Diri Untuk Jadi Best of The Best

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel