Berita DeputiDeputi 3

Tingkatkan Implementasi Reformasi Birokrasi dan Pengelolaan Arsip Negara (Infrastruktur), Kemenko Marves Tandatangani PKS Penataan Arsip dengan Pusat Jasa Kearsipan ANRI

Dibaca: 34 Oleh Kamis, 15 April 2021Tidak ada komentar
Tingkatkan Implementasi Reformasi Birokrasi dan Pengelolaan Arsip Negara (Infrastruktur), Kemenko Marves Tandatangani PKS Penataan Arsip dengan Pusat Jasa Kearsipan ANRI
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Siaran Pers

No.SP-252/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Jakarta, Setiap arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga negara maupun kegiatan yang menggunakan sumber dana negara dinyatakan sebagai arsip milik negara. Arsip tersebut dapat berbentuk laporan, dokumen, maupun segala bentuk data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas sebuah lembaga negara, termasuk kementerian. Peningkatan kualitas dalam penataan dan pengelolaan arsip akan turut menignkatkan transparansi lembaga negara, yang juga menjadi cerminan reformasi birokrasi.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan penataan dan pengelolaan arsip, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Pusat Jasa Kearsipan ANRI pada  Rabu (14-04-2021).

“Pengelolaan Arsip ini merupakan salah satu kegiatan prioritas kedeputian kami untuk menyelamatkan dokumen keuangan dan arsip negara yang penting. Disamping itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai indeks Reformasi Birokrasi Kemenko Marves secara umum,” jelas Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia Kalake.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Penanganan Pasir Hasil Pendalaman Alur Pelayaran

Penyelenggaraan kearsipan tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan  dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban, serta menjamin keselamatan aset nasional.

“Kami berharap dengan Swakelola Tipe II ini maka pengelolaan Kearsipan di Kedeputian kami lebih efektif dan efisien sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), tentu lebih jauh lagi dapat menyumbang dalam meningkatkan Indeks Kearsipan Kemenko Marves secara umum yang masih perlu ditingkatkan,” pungkas Deputi Ayodhia.

“Kerja sama ini menjadi cikal bakal bentuk pengelolaan arsip yang lebih baik, dengan terbentuknya kerja sama antar record center di lingkup Kemenko Marves* Kami harap kerja sama ini dapat meluas, dimulai dari Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, dan selanjutnya dengan lingkup lainnya di Kemenko Marves,” ujar Kepala Pusat Jasa Kearsipan Bambang Surowo dalam kesempatan tersebut.

Diapun menambahkan bahwa berbeda dengan kegiatan lainnya yang di masa pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan secara daring atau melalui zoom meeting, penataan arsip merupakan bentuk kegiatan yang harus dilakukan secara tatap muka, terhadap arsip yang bersifat fisik. Penataan terhadap arsip fisik maupun yang berbentuk informasi akan menjadikan arsip-arsip tersebut mudah ditemukan dan diakses.

Baca juga:  Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim Meninjau PT INKA Madiun

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Lukijanto, menambahkan bahwa mengingat Nota Kesepahaman Bersama antara Sekretaris Kemenko Marves dan pihak ANRI akan segera berakhir pada 28 Mei 2021, beliau akan segera menyampaikan kepada Sesmenko agar Nota Kesepahaman Bersama dimaksud ditinjau kembali dan diperbaharui masa berlakunya untuk dapat dimanfaatkan dalam peningkatan pengelolaan kearsipan yang lebih baik oleh kedeputian lainnya di lingkup Kemenko Marves.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel