Berita DeputiDeputi 1

Tingkatkan Kebersamaan, Kinerja Maksimal, dan Kolaborasi Bersama, Deputi 1 Laksanakan Konsolidasi Melalui Rapat Kerja Teknis dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2021

Dibaca: 129 Oleh Jumat, 29 Januari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Tingkatkan Kebersamaan, Kinerja Maksimal, dan Kolaborasi Bersama, Deputi 1 Laksanakan Konsolidasi Melalui Rapat Kerja Teknis dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2021
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-46/HUM/ROKOM/SET.MARVES/I/2021

Marves – Bogor, Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas yang baik untuk menciptakan budaya kerja yang profesional, transparan, efisien dan efektif, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi mengadakan rapat kerja (Raker) teknis lingkup Deputi pada Hari Kamis-Sabtu (28-30 Januari 2021), di Cisarua, Bogor.

“Raker teknis ini bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai kegiatan dengan Kementerian/Lembaga terkait serta penyampaian rencana kerja masing-masing unit kerja Eselon II, sekaligus dalam rangka konsolidasi” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Basilio D. Araujo. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2021 seluruh unit kerja Eselon II.

Dalam pelaksanaannya, berbagai narasumber yang diundang berasal dari K/L terkait, guna membuka diskusi demi meningkatkan kinerja Deputi 1 di tahun ini. Sebagai Langkah awal pemantauan dan konsolidasi proyek prioritas, diharapkan diskusi dengan berbagai K/L terkait dapat memberikan saran dan masukan bagi rencana maupun program Deputi 1 pada masa mendatang. Tidak hanya itu, pertemuan ini juga menjadi ajang pengenalan Deputi baru, serta memberikan arahan kepada semua ASN untuk memahami terkait hal disiplin di lingkup Kemenko Marves.

Baca juga:  Menko Luhut: Kita Siap Kembangkan Food Estate Sumatera Utara Empat Tahun Ke Depan

“Pertemuan ini harus dimanfaatkan dengan maksimal, Dimana kita dapat mendiskusikan berbagai kegiatan yang ada agar sebisa mungkin sesuai dengan anggaran, menindaklanjuti tantangan dan hambatan yang ada, tercapainya proyek prioritas nasional dan RKP, serta terpenuhinya data dukung dari Reformasi Biriokrasi,” ungkap Sekretaris Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dan Energi, Ishak O. Manafe.

Dalam kesempatan tersebut, turut diundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode 2014-2015 Dwisuryo Indroyono Soesilo, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, Staf Ahli Utama KSP Alam Koropitan, Asisten Deputi Kemenko Perekonomian dan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas/KPPIP Suroto, Kasubdit Kelautan dan Perikanan Kementerian PPN/Bappenas Lelly Hasni P, Kasi Pertimbangan Status Kepegawaian I Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara Ade Jajang. Pembahasan ini diharapkan menghasilkan masukan yang dinamis demi optimalisasi pelaksanaan program kinerja Deputi 1 pada masa mendatang.

Suroto menjelaskan berbagai program dan proyek strategis nasional KPPIP sebagai referensi bagi Deputi 1 dan menyarankan adanya percepatan penyelesaian PSN (Program Strategis Nasional) sebagai agenda strategis dan prioritas untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat covid 19. Sedangkan Lelly Hasni P mengharapkan Kemenko Marves dapat melakukan koordinasi dengan PPN/Bappenas dalam pelaksanaan RPJMN 2020-2024 dan RKP 2021 demi pemanfaatan yang maksimal.

Baca juga:  Menko Luhut Lakukan Peninjauan Pengembangan Bandara International Lombok

Sementara itu, Alan Koropitan mewakili Kantor Staf Presiden menjelaskan akan dilaksanakannya penajaman dan validasi data Major Project bersama dengan K/L terkait. Kemudian, Ade Jajang selaku Kasi Pertimbangan Status Kepegawaian I Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara menjelaskan berbagai pokok persoalan demi mewujudkan PNS yang andal, profesional, dan bermoral. Selain itu, dia mengatakan pentingnya Kemenko Marves untuk mengetahui sistem monitoring ASN secara nasional yaitu I’DIS untuk menjaga peraturan dan ketertiban ASN.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dwisuryo Indroyono Soesilo yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dalam konteks energi Bio-Mass menjelaskan berbagai konteks kemaritiman Indonesia, juga bagaimana Kemenko Marves harus mengelola dan mengoordinasikan berbagai isu terkait Kedaulatan Kemaritiman bangsa dengan K/L teknis terkait.

Lalu, Dubes RI Untuk Jerman Arif Havas Oegroseno memberikan beberapa saran dan masukan bagi para ASN yang ada. “Kita harus berpikir secara sederhana dan mengimplementasikannya dengan cermat,” ungkap mantan Deputi I tersebut. Dia juga mengusulkan agar ASN Kemenko Marves terus mengembangkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik strata 2 maupun 3 demi keberlangsungan Kemenko Marves. Menambahkan, ia juga menjabarkan beberapa hal untuk mengelola Kawasan maritim Indonesia dengan optimal. “Kita perlu mengetahui isi laut Indonesia, potensi laut yang ada, memahami ancaman dalam berbagai bentuk serta mengamankan kawasan maritim dari ancaman yang ada, dan meningkatkan kemampuan proyeksi kepentingan Indonesia di luar, ujar Dubes Havas tentang beberapa poin krusial yang harus dipahami.

Baca juga:  Pemerintah Akan Kelola Sampah Untuk Membuat Jalan

Selain mendengarkan pemaparan dari beberapa pemateri, Raker ini juga menjadi wadah untuk mempersiapkan pelaksanaan program dan kegiatan lingkup Deputi 1. Tiap unit kerja Eselon II pun menyampaikan isu serta rencana program dalam satu tahun ke depan. Sekretaris Deputi dan tiap Asisten Deputi yang ada memberikan proyeksi kegiatan yang memungkinkan untuk dilakukan di sepanjang tahun 2021. Selanjutnya, dilaksanakan pula penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2021 seluruh unit kerja Eselon II. Pertemuan ini menghasilkan berbagai perspektif baru yang diharapkan mampu dimanfaatkan demi peningkatan kinerja Deputi 1. Pada masa mendatang diharapkan pertemuan ini mampu membangun kebersamaan dan saling dukung mendukung seluruh pihak yang ada dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam Deputi 1.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel