BeritaFoto

Tingkatkan Nilai SAKIP, Kemenko Marves Gelar Validasi Kinerja Capaian Tahun 2021

Dibaca: 83 Oleh Kamis, 20 Januari 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 01 19 at 11.56.39 4
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No. SP-20/HUM/ROKOM/SET.MARVES/I/2022

Marves – Bogor, Kemenko Marves melaksanakan validasi kinerja triwulan IV Tahun Anggaran 2021 di Bogor pada Rabu, 19 Januari 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan masing-masing unit kerja, baik di Kedeputian maupun di Sekretariat Kementerian Koordinator. Rangkaian kegiatan ini menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan di setiap triwulan untuk mengukur hasil kinerja selama tahun 2021 dan dapat meningkatkan nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan).

Pada sambutan Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman selaku penanggungjawab rangkaian acara ini mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini, yaitu PermenPAN RB Nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara reviu atas Laporan Kinerja.

Kemudian, validasi kinerja juga didasari oleh Permenko Nomor 12 Tahun 2018 tentang Standar Luaran Kebijakan dan pasal 47 Permenko Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sistem Akuntabilitas Kemenko Marves yang mengatur waktu validasi kinerja dilaksanakan.

“Permenko Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sistem Akuntabilitas Kemenko Marves mengamanatkan dilaksanakan validasi kinerja secara berjenjang berdasarkan data kinerja yg terkumpul selambatnya minggu Ke-2 setelah Triwulan berakhir,” terang Karo Arif.

Baca juga:  Pemerintah Tegaskan, PPKM Akan Terus Diberlakukan di Jawa-Bali

Pelaksanaan validasi kinerja pada triwulan IV ini dilaksanakan dengan mekanisme yang sama sebagaimana sebelumnya telah dilakukan. Namun, kali ini terdapat penguatan dalam tim validator, “Kami melibatkan para koordinator program dan para fungsional perencana seluruh unit kerja untuk dapat berkontribusi dalam proses validasi kinerja. Kemudian, diharapkan dengan ini akan mewujudkan evaluasi yang lebih efektif dan berkualitas,” tambahnya.

Validasi data kinerja sangat penting dilakukan, hal ini karena hasil dari validasi yang diselenggarakan akan menjadi dasar langkah-langkah penguatan strategi kinerja pada masa mendatang. Oleh karena itu, Karo Arif berharap agar tim validator dan seluruh pihak terkait dapat lebih aktif dan menghasilkan validasi yang berkualitas.

BIRO KOMUNIKASI
KEMENKO BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel