Berita DeputiDeputi 3

Tingkatkan Pelayanan, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves adakan Bimtek SRIKANDI

Dibaca: 65 Oleh Selasa, 19 April 2022April 21st, 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 04 19 at 1.11.47 PM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bogor, Dalam rangka mendukung penggunaan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penggunaan aplikasi SRIKANDI. Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Lukijanto.

Sebelumnya diketahui dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemerintah melalui Kemenpan-RB, Kemenkominfo, BSSN dan ANRI telah mengembangkan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yaitu aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Lahirnya SRIKANDI ini kemudian diperkuat dengan terbitnya Keputusan Menteri PAN dan RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis yang menyatakan bahwa kementerian/lembaga/instansi pemerintah wajib menggunakan SRIKANDI dalam pengelolaan kearsipan di lingkungannya.

“Dengan ditetapkannya SRIKANDI sebagai aplikasi umum, maka tidak ada lagi kementerian/ lembaga/ instansi pemerintah yang membangun aplikasi kearsipan sendiri. Karena proses bisnis, standar data dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi,” Kata Sesdep Lukijanto membuka acara yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, yang diselenggarakan pada 13 – 14 April 2022.

Baca juga:  Dukung Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta, Kemenko Marves Gelar Rakor Pembahasan Peta Tematik Bidang Kemaritiman

Selain Sesdep Lukijanto, hadir di lokasi Narasumber dari Direktorat Kearsipan Pusat Azwar Sanusi Pane, yang menjelaskan secara teknis berbagai macam fitur pencipataan arsip menggunakan aplikasi SRIKANDI yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

“Diharapkan dengan kegiatan kali ini, Kemenko Marves khususnya di Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi dapat mengimplementasikan aplikasi kearsipan SRIKANDI ini dengan baik dan menyeluruh,” jelas Sesdep Lukijanto.

Selain melaksanakan bimtek SRIKANDI, dilaksanakan juga kegiatan sharing session penyusunan DUPAK Jabatan Fungsional Analis Kebijakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena menyangkut kelancaran proses kerja organisasi dan juga menyangkut karir pegawai ke depan, pasca penyederhanaan organisasi. Diketahui terdapat 13 (tiga belas) pejabat fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya di lingkungan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi.

Untuk itu, dihadirkan salah satu Pejabat Fungsional Analis Kebijakan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Sulistiadi Supriyadi untuk memberikan gambaran secara riil, bagaimana secara teknis dalam penyusunan DUPAK bagi pejabat fungsional Analis Kebijakan.

Baca juga:  Menko Luhut B Pandjaitan Hadiri Halalbihalal Keluarga Besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman

“Diharapkan para Analis Kebijakan di lingkungan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi tidak mempunyai masalah lagi dengan pengumpulan angka kredit, dan dapat berkinerja maksimal untuk menjalankan program dan kegiatan kedeputian ini,” jelasnya.

Kegiatan bimtek ini dihadiri oleh seluruh pejabat dan staf di lingkungan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi. Selain itu, hadir dalam acara ini para pejabat fungsional Analis Kebijakan Ahli Pertama yang baru dilantik Desember 2021 dan Calon Analis Kebijakan Ahli Pertama yang berasal dari PNS 2020 dan CPNS 2021 yang belum dilantik.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

No.SP-142/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2022

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel