FotoBerita DeputiDeputi 2Siaran Pers

Tingkatkan Kualitas Produk Pada Sektor Kelautan dan Perikanan, Deputi Safri: Perhatikan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Budidaya

Dibaca: 11 Oleh Senin, 1 Maret 2021Maret 2nd, 2021Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-139/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves – Jakarta, Dalam rangka mendukung program unggulan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2021-2024, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Safri Burhanuddin hadir secara daring pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait kesiagaan sistem perkarantinaan ikan, jaminan mutu, dan keamanan hasil perikanan yang dselenggarakan oleh Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Produk Hasl Perikanan (BKIPM) KKP. Dalam kesempatan ini, Deputi  Safri Burhanuddin memberkan pemaparan terkat Kebijakan dan Program Kedeputian Bidang Sumber Daya Maritim dalam mendukung produk perikanan Indoneia memenuhi peryaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan.

“Sistem karantina, mutu, dan keamanan dari sektor kelautan dan perikanan kita perlu untuk terus dijaga. Untuk itu, BKIPM sebagai ujung tombak dalam pengendalian mutu produk hasil perikanan harus bekerja keras guna menjamin kelancaran ekspor produk kelautan dan perikanan Indonesia. Kesiagaan sistem jaminan mutu produk KP dari hulu ke hilir harus senantiasa diperhatikan “ ujar Deputi Safri dalam rakornas yang diadakan secara daring (01-03-2021).

Baca juga:  Suar Kemaritiman Edisi 4 November 2018

Perlu diketahui, isu strategis dan salah satu arah kebijakan pemerintah di sektor kemaritiman dan kelautan adalah peningkatan produksi, produktifitas, standardisasi dan mutu produk kelautan dan perikanan memiliki dasar yang jelas, yaitu RPJMN 2020-2024 dan Non RPJMN melalui arahan langsung dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan.

Peningkatan produktivitas ikan di sektor kelautan dan perikanan tidak hanya pada perikanan tangkap, namun juga perikanan budidaya. “Saat ini produktivitas perikanan tangkap lebih mendominasi, namun tahun 2021 kita yakini, bahwa dengan sinergisitas dan tekad yang kuat dari sektor perikanan budidaya akan mampu menandingi capaian produktivitas dari perikanan tangkap. Sehingga sasaran dan target capaian di Tahun 2024 dapat tercapai bahkan melampaui target yang telah ditentukan dalam dokumen RPJMN 2020-2024. Peran BKIPM sangat diperlukan dalam melakukan pengendalian mutu yang ketat dalam upaya pencapaian target ini,” pungkas Deputi Safri tegas kepada seluruh peserta rakornas yang dihadiri kementerian dan lembaga terkait.

Baca juga:  Menko Luhut Bertemu dengan Para Investor

Sampai sekarang produk di sektor kelautan dan perikanan yang masih menjadi komoditas andalan untuk ekspor dari Indonesia yaitu udang. Kemudian disusul oleh produk dari perikanan tangkap seperti, tuna, cakalang, cuming, sotong, gurita, rajungan, dan rumput laut. Oleh karena itu, perikanan budidaya harus terus dikembangkan untuk mendukung capaian ekspor hasil perikanan Indonesia dengan kualitas mutu yang terjamin.

“Ekspor produk perikanan kita sampai sekarang paling banyak dipasarkan ke Amerika dan komoditas udang menjadi primadona. Saya meminta KKP dan  BKPIM menjadi penjaga untuk produk ekspor kita yang satu ini, sambil kita terus mengembangkan produk perikanan budidaya kita yang lainnya bersamaan dengan produk perikanan tangkap kita,” pungkas Deputi Safri.

Kedepan Kemenko Marves akan terus mengawal pelaksanaan program kegiatan KKP dengan memperhatikan beberapa kebijakan terkait penyederhanaan regulasi peningkatan daya saing produk, kemudahan  akses logistik, peningkatan diplomasi ke negara mitra, penguatan infrastruktur dari hulu ke hilir, pengembangan teknologi e-marketing, dan  penciptaan iklim usaha yang sehat dan berkelanjutan.

Baca juga:  Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Membangun Negara Indonesia dari Wilayah Terluar

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel