BeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Tingkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Selenggarakan Forum Pemantauan dan Evaluasi Kinerja

Dibaca: 24 Oleh Rabu, 4 November 2020Tidak ada komentar
Tingkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja, Kemenko Marves Selenggarakan Forum Pemantauan dan Evaluasi Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves–Semarang, Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor 6 tahun 2017 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, setiap entitas Akuntabilitas Kinerja Kemenko Marves wajib melakukan pengukuran kinerja secara berkala atau triwulan. Berkaitan dengan hal tersebut, Biro Perencanaan menyelenggarakan forum pemantauan dan evaluasi kinerja triwulan III tahun 2020. Acara ini diselenggarakan pada Selasa-Kamis, 3-5 November 2020 di Semarang, Jawa Tengah.

“Pengukurun Kinerja merupakan salah satu fondasi utama dalam menerapkan manajemen kinerja untuk mewujudkan organisasi yang akuntabel,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Agung Kuswandono saat membuka acara tersebut secara virtual.

Pengukuran kinerja  berkontribusi cukup besar pada penilaian SAKIP, yakni sebesar 25%, yang mencakup pemenuhan pengukuran (5%), Kualitas pengukuran (12,5%) dan implementasi pengukuran (7,5%). Itulah kenapa pengukuran kinerja menjadi penting untuk dilakukan secara berkualitas. Perkembangan nilai SAKIP Kemenko Marves sendiri dari tahun 2016 hingga 2019 terus mengalami kenaikan. Di tahun 2020 sendiri, Kemenko Marves menargetkan nilai 70 (BB).

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman Gerakkan 450 Pemuda Jaga Kebersihan di Lokasi Puncak Sail Selat Karimata

Dalam sistem pengelolaan kinerja Kemenko Marves, hasil pengukuran kinerja dapat dipantau oleh pimpinan Eselon I dan Eselon II melalui Sistem Informasi Kinerja yang biasa kita sebut aplikasi SIK-M. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menghitung realisasi kinerja dan membandingkannya dengan target kinerja yang telah disepakati dengan pimpinannya dan telah tertuang dalam dokumen Perjanjian Kinerja.

“Untuk memastikan kualitas kebijakan tersebut telah tercapai, dilakukan validasi berdasarkan bukti kinerja yang ada. Harapan kita, seluruh kebijakan yang dihasilkan benar-benar dapat menyelesaikan isu di bidang kemaritiman dan investasi,” tambah Sesmenko Agung.

Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman menyampaikan bagaimana pentingnya pengukuran kinerja yang berkualitas merupakan awal dari pemantauan kinerja yang berkualitas. Nantinya, pemantauan kinerja tersebut mampu menunjukkan kondisi riil hasil dari pelaksanaan kinerja yang nantinya berkontribusi dalam capaian SAKIP.

“Pada saat ini, kita berada disiklus yang berkaitan dengan Akuntabilitas Kinerja. Kita sudah melakukan perencanaan kinerja dengan renstra, renja, PK, dan indikator kinerja, dan pelaporan kinerja dalam poin penilaian kinerja yang akan diinput melalui aplikasi SIK-M. Nah, yang kita lakukan saat ini berada diranah evaluasi dan capaian yang berdasarkan Pedoman Umum SAKIP untuk pelaksanaan evaluasi dan capaiannya,” kata Karo Arif.

Baca juga:  Menko Marves Menghadiri Vidcon Ratas Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perhutanan Sosial

Untuk Tahun 2020,  dikarenakan Perjanjian Kinerja baru ditandatangani pada akhir Triwulan III,  maka kegiatan validasi kinerja baru dapat kita laksanakan pada TW III saat ini. Karo Arif menambahkan fokus dari hasil pengukuran kinerja adalah dari unit Eselon I dan II dengan target keluaran pada Triwulan III. Kemudian, rencana aksi indikator kinerja Eselon I dengan target keluaran triwulan IV.

“Kita sudah ada indikator kinerja, di mana kita sudah menetapakan ukuran dan target triwulan IV. semoga di Desember nanti bisa tercapai target kinerja kita dan dari sisi anggaran juga digunakan secara optimal,” tambah Karo Arif.

Dalam sambutannya, Sesmenko Agung juga menyampaikan pesan untuk fokus dalam eviden kegiatan karena segala kegiatan yang dilaksanakan oleh unit kerja di Kemenko Marves harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Hendaknya masing-masing unit kerja dapat menyampaikan capaian dan progress kinerja yang disertai dengan data dukung yang valid. Selain itu, dengan terlaksananya kegiatan ini, semoga dapat memacu kembali semangat kita dalam mewujudkan target kinerja yang telah kita perjanjikan dalam dokumen Perjanjian Kinerja,” tutup Sesmenko Agung.

Baca juga:  Lokakarya Dan Kunjungan Lapangan Pengembangan Pulau Morotai

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel