ArtikelPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Upaya Sukseskan Reformasi Birokrasi khususnya di Bidang Kelembagaan, Biro Hukum Gelar Rapat Penyusunan Peta Proses Bisnis

Upaya Sukseskan Reformasi Birokrasi khususnya di Bidang Kelembagaan Biro Hukum Gelar Rapat Penyusunan Peta Proses BisnisUpaya Sukseskan Reformasi Birokrasi khususnya di Bidang Kelembagaan Biro Hukum Gelar Rapat Penyusunan Peta Proses Bisnis
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Depok, Dalam rangka mewujudkan organisasi instansi pemerintah yang tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses perlu dilakukan penataan ketatalaksanaan yaitu melalui penyusunan Peta Proses Bisnis di Kemenko Bidang Kemaritiman. Penataan tatalaksana merupakan salah satu dari 8 area perubahan yang menjadi program/agenda dalam reformasi birokrasi. Oleh karena itu, dalam melaksanakan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Biro Hukum telah menyelenggarakan Rapat lanjutan Penyusunan Peta Proses Bisnis Kemenko Bidang Kemaritiman yang berlangsung selama 2 hari, tertanggal 12 – 13 Agustus 2019. Rapat diikuti oleh perwakilan dari unsur Kesekretariatan, Deputi dan juga dihadiri oleh tim konsultan.

Kewajiban penyusunan peta proses bisnis merupakan mandat dari Perpres No. 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara. Selain itu, penyusunan peta proses bisnis tersebut merupakan salah satu faktor suksesnya pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi pemerintah. Oleh karena itu, dalam sambutannya, Kepala Biro Hukum, Budi Purwanto, menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sinkronisasi dan koordinasi dalam rangka peningkatan kinerja di lingkup Kemenko Bidang Kemaritiman.

Upaya Sukseskan Reformasi Birokrasi khususnya di Bidang Kelembagaan Biro Hukum Gelar Rapat Penyusunan Peta Proses BisnisUpaya Sukseskan Reformasi Birokrasi khususnya di Bidang Kelembagaan Biro Hukum Gelar Rapat Penyusunan Peta Proses Bisnis

“Tugas kita masih banyak, kegiatan ini belum selesai semua, masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang perlu kita selesaikan bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, jika tidak kita selesaikan satu persatu maka tugas tersebut akan terus menumpuk, untuk itu kita perlu terus melakukan terobosan-terobosan dan berinovasi untuk mengantisipasi berbagai perubahan, saling memberi masukan dan bekerjasama”, ujar Karo Budi.
Acara tersebut menghadirkan Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim, Kemenko Bidang Kemaritiman sebagai narasumber.

“Penyusunan peta proses bisnis di lingkup Kemenko Bidang Kemaritiman, lebih difokuskan pada pengembangan ekonomi maritim, pembangunan manusia dan karakter bangsa bahari dan peningkatan kedaulatan maritim”, kata Staf Ahli Sugeng.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari tiap-tiap unit kerja Eselon I terutama dari bagian program, ketatausahaan dan laporan di lingkup Deputi. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, antara lain Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Proses Bisnis dan Rapat Pembahasan Awal Penyusunan Peta Proses Bisnis.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel