BeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Wujudkan Laporan Kinerja Berkualitas, Kemenko Marves Lakukan Rapat Koordinasi dengan K/L Teknis

Dibaca: 30 Oleh Senin, 1 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Wujudkan Laporan Kinerja Berkualitas, Kemenko Marves Lakukan Rapat Koordinasi dengan K/L Teknis
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No. SP-48/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves-Bogor, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) memandang penting penyusunan laporan kinerja sebagai cerminan capaian yang telah dipenuhi. Untuk itu Kemenko Marves melalui Biro Perencanaan mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Kinerja Kemenko Marves Tahun 2020 pada 1 Februari 2021.

“Laporan kinerja ini merupakan bagian dari sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau SAKIP yang mempunyai bobot 15% jadi kalau SAKIP yang bagus ya pelaporannya harus bagus,” ucap Sekretaris Kemenko (Sesmenko) Marves, Agung Kuswandono, dalam sambutannya.

Sesmenko Agung menyampaikan bahwa pada tahun 2020 telah dilaksanakan perencanaan dan pelaksanaan kinerja, sehingga pada awal 2021 inilah waktunya untuk melaksanakan evaluasi apakah target kinerja telah tercapai sesuai dengan perencanaan yang telah disusun.

“Tantangan apa saja yang akan dihadapi pada tahun 2021, apakah target sebelumnya terlalu rendah atau terlalu tinggi, terkait sarana dan prasarana apakah sudah terpenuhi, pelaksanaan sudah sejauh mana, apa saja yang akan dilakukan. Semua pertanyaan itu bisa terjawab dengan kita melaksanakan evaluasi kinerja tahun 2020 ini,” tambah Sesmenko Agung.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor Bali Transport Study dan Update WB Projects

“Tujuan pelaksanaan rapat ini adalah untuk mendapatkan pembaruan data capaian kinerja serta untuk konfirmasi beberapa data capaian kinerja pada kementerian/lembaga (K/L) teknis,” jelas Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman.

Karo Arif kemudian menjelaskan bahwa perbaruan dari unit kerja di Kemenko Marves dan konfirmasi capaian kinerja K/L dalam lingkup koordinasi Kemenko Marves tersebut akan dijadikan dasar perbaikan draft laporan kinerja yang saat ini tengah disusun.

Terkait dengan evaluasi yang dilakukan terhadap capaian kinerja, Inspektur Kemenko Marves, Ajum Muchtar, selaku pengawas dalam pelaksanaan kinerja di Kemenko Marves menyampaikan bahwa kriteria penilaian dilaksanakan berdasarkan PermenPanRB No.53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja, dan tata cara reviu atas laporan kinerja Kemenko Marves tahun 2020.

“Inspektorat sebagai pengawas dalam hal ini melakukan penilaian atas kelengkapan data dukung dari capaian kinerja yang dilaporkan. Contohnya jika dilaporkan keuangan statusnya WTP, maka harus ada bukti dari BPK kalau benar WTP. Jadi tidak hanya disebutkan tercapai, tapi ada bukti data dukungnya,” tambah Inspektur Ajum.

Baca juga:  Pengelolaan Pengetahuan/Kearifan Lokal Sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Dalam Mendukung Pembangunan Sektor Parekraf

Sehubungan dengan hal tersebut, Karo Arif menjelaskan pentingnya perbaruan data dari unit kerja dan konfirmasi data dari K/L demi menunjang data dukung pada capaian kinerja yang dilaporkan.

“Informasi yang ada dalam laporan kinerja tentu memerlukan data yang relevan. Oleh karena itu, kami harapkan masing-masing unit kerja dapat memaparkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) serta data dukungnya,” tambah Karo Arif.

Demi mendapatkan konfirmasi data dari K/L teknis, rapat ini juga mengundang Pejabat yg bertanggung jawab terhadap kinerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pada paparannya Karo Arif menyebutkan bahwa data-data teknis yang membutuhkan konfirmasi dari K/L teknis adalah terkait data Indeks Kepemimpinan Maritim, Indeks Kedaulatan Maritim, PDB maritim, dan indeks Kesehatan laut dari KKP. Data yang dibutuhkan dari Kemenparekraf adalah indeks kapabilitas inovasi, PDB maritim dari sektor pariwisata, dan Indeks Kesehatan laut sektor pariwisata. Sementara konfirmasi data yang dibutuhkan dari BKPM adalah terkait indeks disparitas ekonomi.

Baca juga:  Menko Luhut : Indonesia Sekarang Ini Sudah Berubah

Dalam rapat ini juga dilakukan pemaparan dari para sekretariat deputi di Kemenko Marves terkait capaian kinerja dan data dukung unit kerja masing-masing, serta konfirmasi data dari K/L teknis untuk menghasilkan laporan kinerja yang komprehensif.

Demi keamanan dan kelancaran jalannya kegiatan, rapat yang dilaksanakan secara hybrid (virtual dan tatap muka) ini memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan sirkulasi udara yang baik.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel