BeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Wujudkan SDM Aparatur Berkualitas, Kemenko Marves Gelar Sosialisasi dan Workshop untuk Jabatan Fungsional Gelombang II

Dibaca: 11 Oleh Jumat, 16 April 2021Tidak ada komentar
Wujudkan SDM Aparatur Berkualitas, Kemenko Marves Gelar Sosialisasi dan Workshop untuk Jabatan Fungsional Gelombang II
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-257/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Bogor, Kemenko Marves mengadakan Sosialisasi dan Workshop Tugas Pokok dan Fungsi serta Teknis Pengumpulan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional gelombang II (dua) di Bogor pada hari Kamis hingga Jumat (15 & 16-04-2021). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono dalam sambutannya menyatakan bahwa sosialisasi ini merupakan sebuah upaya dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi SDM Kemenko MARVES. “Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan kepada pegawai Kemenko Marves, terutama terkait tugas pokok dan fungsi serta teknis pengumpulan angka kredit masing-masing jabatan fungsional dalam melaksanakan tugas sehari-hari serta yang paling penting adalah teknis pengembangannya,” harapnya. Hal tersebut disampaikan oleh Sesmenko Agung khususnya kepada para pejabat administrator dan pengawas yang nanti akan dialihkan menjadi pejabat fungsional.

Baca juga:  Upaya Pemerintah Tingkatkan Produksi Kelautan dan Perikanan di Maluku Utara

Melalui kegiatan ini, Sesmenko Agung berharap agar para peserta nantinya pada saat menjabat atau menjadi pejabat fungsional, dapat mengerti dengan jelas peraturan perundang-undangan yang mendasari tupoksi. Selain itu, diharap para peserta juga mengetahui hak dan kewajiban dari jabatan fungsional sekaligus dapat meningkatkan kemampuan teknis.

“Diharapkan para pejabat administrator dan pengawas, juga dapat mengetahui dasar hukum dari jabatan fungsional yang akan dijabat nantinya, sehingga menunjang kompetensi bidang masing-masing,” ungkap Sesmenko Agung. Dengan terwujudnya hal tersebut, tentunya akan berimbas pada perbaikan tata kelola organisasi yang menjadi semakin baik dan prestasi terus meningkat.

Peralihan jabatan fungsional ini dilakukan sesuai prioritas kerja yang terdapat dalam visi Presiden RI, khususnya dalam hal pembangunan SDM. Hal ini pun turut dijelaskan oleh salah satu narasumber, yaitu Aba Subagja selaku Asisten Deputi (Asdep) Manajemen Karir dan Talenta SDM Aparatur Kemenpan RB.

“Harusnya kita mendukung program prioritas Presiden untuk mewujudkan SDM berkualitas melalui penyederhanaan birokrasi dan membangun SDM berbasis jabatan-jabatan fungsional berdasarkan keahlian,” ungkap Asdep Aba.

Baca juga:  Indonesia akan Kembangkan Pusat Tanaman Obat dan Hortikultura, Kemenko Marves dan NDRC Menandatangani Perjanjian Kerja Sama

Asdep Aba juga menerangkan bahwa sistem peralihan menjadi jabatan fungsional ini juga dilakukan guna melindungi sistem karir PNS. Melalui sistem jabatan fungsional, PNS akan dibangun dan dikembangkan berdasarkan manajemen talenta yang nantinya akan memiliki kapabilitas lebih tinggi. Setiap individu yang turut mengalami peralihan jabatan nantinya akan difokuskan sesuai kemampuan khusus masing-masing individu.

“Saya juga berharap bahwa para peserta bisa menjadi ahli di bidangnya dan dapat memberi lebih banyak kontribusi khususnya bagi Kemenko Marves dan juga bagi negara Indonesia pada umumnya,” tutur Sesmenko Agung.

Mengakhiri acara, Kepala Biro Umum Kemenko Marves Tito Setiawan menyampaikan arahan kepada bagian kepegawaian untuk mengumpulkan dan mempelajari peraturan-peraturan sesuai jabatan fungsional yang ada di Kemenko Marves.

“Mulai saat ini, kita semua harus mulai mempelajari peraturan, juklak, dan juknis sesuai jabatan fungsional masing-masing. Saya berharap, Juni atau Juli sudah bisa melakukan pelantikan. Tentunya, proses ini akan terus dikawal oleh Kemenpan RB,” ujar Karo Tito.

Sosialisasi ini turut menghadirkan berbagai narasumber, meliputi Konsultan Marves HR Achmad Badawi, Koordinator Fungsi Jaringan Komunikasi Data (Pranata Komputer Ahli) Badan Pusat Statistik Dudi Barmana, Asdep Manajemen Karir dan Talenta SDM Aparatur Kemenpan RB Aba Subagja, serta Analis Kebijakan Ahli Pertama Lembaga Analisis Negara Aldhino Niki Mancer.

Baca juga:  Belitung, Potensi Wisata Strategis Didukung Letak Wilayah Geostrategis

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel