Berita DeputiBerita

Wujudkan Transparansi Data, Pemerintah Luncurkan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19

Dibaca: 254 Oleh Kamis, 30 April 2020Tidak ada komentar
Wujudkan Transparansi Data, Pemerintah Luncurkan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Dalam rangka menjamin transparansi dan keterbukaan data kepada publik maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kemenkominfo, BSSN dan KIP telah merancang sistem yang mampu mencatat dan mengintegrasikan data Covid-19 melalui input data di tingkat puskesmas, rumah sakit, dan laboratorium pemeriksaan di tingkat daerah dengan pendampingan dari unsur TNI, Polri, BPBD, serta BIN dan jajaran Kominfo di daerah.

“Sistem ini mampu memantau data sebaran kasus positif, ODP, PDP dan gambaran kasus secara detail serta dapat digunakan untuk menganalisa proyeksi kasus Covid-19 untuk dijadikan landasan dalam pembuatan kebijakan ke depannya,” sambut Kepala BNPB Doni Monardo pada acara Launching Sistem Bersatu Lawan Covid-19 di Jakarta pada Rabu (29/04/2020).

Lebih lanjut Kepala BNPB Doni Monardo, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, hati gembira dan tidak panik. Selain itu ia juga menekankan untuk terus berupaya menjaga yang sehat tetap sehat, yang kurang sehat dirawat agar sehat serta yang sakit diobati agar sembuh.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Koordinasi Investasi Industri Farmasi

“Kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tetap di rumah saja. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat Indonesia yang telah secara pribadi maupun kolektif berjuang bersama untuk saling mendukung dalam kondisi pandemi ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Plt Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto selaku perwakilan dari Kemenko Marves yang terlibat dalam Tim IT aplikasi tersebut turut mendukung penuh pengembangan sistem aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 . “Ini langkah bagus sekaligus bukti keseriusan pemerintah untuk mentransparankan data terkait penanganan Covid-19, sehingga semua pihak dapat memantau dan turut berpartisipasi untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi,” tutur Plt Deputi Seto.

Sebagai informasi, website covid19.go.id akan menyediakan informasi kepada masyarakat tentang:
1. Peta Sebaran Kasus Nasional, yang memperlihatkan sebaran kasus positif Covid-19 yang ada di seluruh provinsi di Indonesia.
2. Grafik Penambahan Kasus Positif, Sembuh, dan Meninggal harian.
3. Grafik Kasus Kumulatif Nasional, yang memperlihatkan grafik kasus meninggal, sembuh dan dirawat harian secara nasional.
4. Grafik Kasus Per Provinsi, yang memperlihatkan grafik kasus meninggal, sembuh dan dirawat dari tiap provinsi di Indonesia.
5. Grafik Kasus Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kelompok Umur.
6. Grafik Kasus Berdasarkan Gejala Awal dan Komorbid atau Kondisi Penyerta yang paling banyak diderita oleh pasien Covid-19.
7. Aplikasi Bersatu Lawan Covid dapat diinstall melalui landing page covid19.go.id yang akan hadir di Playstore dan Appstore, berfungsi untuk mengetahui pemantauan wilayah, pemantauan lokasi rawan, diagnosa mandiri, pemantauan isolasi dan telekonsultasi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk masyarakat dan petugas, sehingga dapat menekan pohon penyebaran Covid-19 dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor Tingkat Menteri dengan Pembahasan Ibu Kota Negara

Bagian Hubungan Masyarakat, Biro Komunikasi, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel