Dorong Generasi Muda Jadi Pemain Global, Kemenko Marves Selenggarakan ACE-YS

Dorong Generasi Muda Jadi Pemain Global, Kemenko Marves Selenggarakan ACE-YS

Marves - Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menginisiasi The ASIAN Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) pada 28-29 Oktober 2023. Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Selaksa dan Lazada Indonesia (Lazada) tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagai pengalaman dan pandangan, serta menghasilkan aksi kolektif, sebagai bagian dari komitmen bersama memajukan ekonomi kreatif dan digital di tingkat regional.
 
"Konferensi ini lebih dari sekadar pertemuan. ACE-YS adalah pendorong inovasi dan kewirausahaan dalam industri kreatif dan digital. Ini adalah mercusuar untuk kolaborasi lintas batas dan berbagi pengetahuan. Yang terpenting, ini adalah jembatan yang menghubungkan para kreatif muda kita dengan investor internasional, menciptakan peluang yang mungkin sebelumnya terasa sulit dijangkau,” tutur Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim serta Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir.
 
Menteri Erick menekankan peran penting tindakan kolektif di antara pemuda di wilayah Asia. Menurutnya, forum tersebut memiliki misi untuk menghasilkan aksi bersama di antara para anak muda Asia, agar mereka dapat menjadi pemain global di sektor kreatif dan digital.
 
“Kami ingin menciptakan platform bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan, berbagi ide, dan terhubung dengan calon investor. Saya percaya pada anak-anak muda, para generasi penerus, dan saya tahu bahwa dengan upaya bersama, tidak ada yang tidak dapat kita capai,” ucap Erick.
 
Dirinya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah dan inovatif untuk Asia. Erick menambahkan bahwa acara tersebut dirancang untuk menjawab tantangan bersama, dengan menyediakan wadah bagi generasi muda di seluruh wilayah Asia Tenggara, untuk mengembangkan keterampilan, berbagi ide, dan mengekspresikan ide kreatifnya.
 
“Pengembangan potensi ekonomi kreatif dan digital di ASEAN memerlukan diplomasi budaya yang kuat. Kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemerintah untuk mewujudkan ekosistem yang berkelanjutan, guna mendukung kemajuan ekonomi kreatif dan digital, khususnya di tingkat regional,” ungkapnya.
 
Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan keyakinannya terhadap kemampuan generasi muda, terlebih upaya yang dilakukan saat ini merupakan kolaborasi lintas sektoral dengan para pemangku kepentingan.
 
“Sebagai Menko Marves ad interim, serta sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membawahi dua perusahaan telekomunikasi besar, kami sangat berkomitmen untuk mendukung acara ini dan menghubungkan kami dengan pemangku kepentingan yang dapat mewujudkan visi tersebut,” pungkas Erick.
 
Dirinya yakin dengan dukungan Presiden RI dan para mitra seperti Lazada, upaya untuk mewujudkan visi tersebut semakin terbuka lebar.
 
Terkait hal tersebut, CEO Lazada Indonesia, James Chang, percaya bahwa perekonomian digital merupakan kunci untuk membangun masa depan Asia yang lebih sejahtera dan inklusif.
“Ada tiga hal utama yang dibutuhkan generasi muda. Technology, growth, and dream. Dunia digital bisa menjadi platform untuk inovasi, memberikan ruang untuk kreativitas, dan yang terpenting, menjadi katalisator untuk pertumbuhan,” ucapnya.
 
Chang menyampaikan bahwa Lazada akan terus membuka ekosistem kami untuk mendorong dan memfasilitasi generasi muda dalam memanfaatkan teknologi sebagai pendorong transformasi dan pertumbuhan perekonomian digital yang berkelanjutan, khususnya di Kawasan Asia.
 
Mengenai sektor pariwisata dan ekenomi kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa sektor tersebut merupakan salah satu sektor unggulan dalam menopang kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja. Menurutnya, generasi muda memiliki peranan yang penting dalam memastikan kebangkitan tersebut, khususnya melalui UMKM.
 
Melalui event ini kami Ingin memastikan agar anak-anak muda mengambil peran yang strategis dan sentral, generasi muda yang memiliki energi positif, ide kreatif, dan inovatif dalam pemberdayaan UMKM," kata Sandiaga.
 
Sebagai informasi, ACE-YS terbuka untuk umum dan pengunjung dapat hadir mengikuti acara ini secara gratis. Acara ini didukung oleh Pertamina, Telkomsel, Telkom Indonesia, Livin’ by Mandiri, Second Floor Coffee, GDP Venture, Google, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Alpha JWC Venture, Asian Development Bank (ADB), British Council, Pijar Foundation, Data Science Indonesia, Kota Sabi, dan Taman Mini Indonesia Indah.
 

No.SP-263/HUM/ROKOM/SET.MARVES/X/2023


Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi