Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Asia, Asian Creative & Digital Economy Youth Summit 2023 Siap Digelar 28-29 Oktober 2023

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Asia, Asian Creative & Digital Economy Youth Summit 2023 Siap Digelar 28-29 Oktober 2023

MarvesJakarta, Pentingnya pengembangan ekonomi kreatif dan digital di tataran regional mendorong Kemenko Marves dan Selaksa untuk menginisiasi digelarnya Asian Creative & Digital Youth Economy Summit (ACE-YS) 2023. Asia, sebagai salah satu lokomotif baru perekonomian dunia dengan indikator makro ekonomi dan berbagai aspek fundamental pendukung lainnya menjadi kian seksi di landscape ekonomi kreatif global. Besarnya potensi pasar Asia perlu didukung dengan langkah inovatif dan strategis untuk mengoptimalkan peluang yang ada.

Asian Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) 2023 hadir sebagai platform untuk menangkap peluang tersebut dengan memfasilitasi kolaborasi strategis di antara para pelaku di sektor ini. ACE-YS akan diselenggarakan pada 28-29 Oktober 2023 di Jakarta, Indonesia menghadirkan pelaku, pebisnis, investor, komunitas, hingga pengampu kebijakan di bidang ekonomi kreatif dan digital. Acara ini siap mempertemukan para kreatif muda dari seluruh Asia untuk berdiskusi dan mendorong tindakan kolektif terkait dengan industri kreatif dan digital, yaitu kurangnya keterampilan, pengetahuan, jaringan, pengakuan dunia, dan koneksi dengan investor.

Odo R.M. Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim & Investasi menggarisbawahi pentingnya diplomasi budaya sehingga harus menjadi perhatian semua pihak. “Peluang ekonomi kreatif dan digital Asia memerlukan dukungan diplomasi budaya. Selain itu, inisiatif ini merupakan bentuk dari peran pemerintah dalam memfasilitasi dan menciptakan ekosistem yang mendukung kemajuan ekonomi kreatif dan digital bagi anak-anak muda. Dalam hal ini kami coba melakukan penyelarasan antara gelaran ACE-YS dan ASEAN-Indo-Pacific Forum.”

Inisiatif ini kemudian mendapatkan sambutan positif dari Lazada Indonesia untuk menjalankan kolaborasi positif yang memberikan dampak bagi ekosistem. Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, mengatakan bahwa Lazada berkeinginan untuk menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dan kreatif di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

“Dukungan Lazada dalam gelaran ACE-YS menjadi penegasan komitmen Lazada dalam upaya percepatan perekonomian melalui pemberdayaan generasi muda di Asia Tenggara. Kami percaya bahwa jejaring anak muda yang kami miliki, dengan kehadiran Lazada di sebagian besar negara di Asia Tenggara, bisa membuka peluang bagi generasi muda di Asia Tenggara untuk terhubung dan saling berkolaborasi di dalam ekosistem ekonomi digital dan kreatif di Lazada,” tutur Ferry Kusnowo.

Fadhila Hasna Athaya, Perwakilan Steering Committee Panitia ACE-YS menuturkan bahwa pada kegiatan perdana tahun ini, pihaknya akan berfokus untuk menilik potensi pasar Asia. “ACE-YS adalah inisiatif anak muda yang ingin merangkul berbagai pemangku kepentingan di ekosistem kreatif dan digital untuk bertemu, saling bercerita pengalaman, membangun kerjasama dan peluang, hingga saling berbagi strategi kebijakan di level negara. Harapannya pertemuan ini akan lebih membuka lagi jejaring dan peluang kerjasama di berbagai sub-sektor kreatif.”

Mengusung slogan "New Waves from the SEA", ACE-YS mencoba untuk menjadi pusat aksi kolektif generasi muda untuk memetakan dan menghubungkan peserta Asia dalam menavigasi peluang global dalam ekonomi kreatif dan digital yang diawali dari SEA (Southeast Asia). Pertemuan ini diharapkan dapat mempromosikan perekonomian kreatif dan digital yang sehat dan berkelanjutan di Asia dengan memanfaatkan generasi muda dan bonus demografi di kawasan ini.

Sekilas Tentang ACE-YS

ACE-YS merupakan sebuah inisiatif untuk mendorong aksi kolektif di antara para kreator, pengusaha kreatif, pembuat kebijakan, komunitas, dan investor di Asia, serta mendorong ekonomi kreatif dan digital yang dinamis dan berkelanjutan dengan fokus khusus pada Asia Tenggara pada tahun perdana penyelenggaraannya. Acara ini digelar di Taman Mini Indonesia Indah pada 28-29 Oktober 2023.


Marves - Jakarta, The importance of developing the creative and digital economy at the regional level has inspired the Coordinating Ministry for Maritime Affairs and Investment (Kemenko Marves) and Selaksa to initiate the Asian Creative & Digital Youth Economy Summit (ACE-YS) 2023. As one of the world's emerging economic powerhouses, Asia is becoming increasingly attractive in the global creative economy environment, with its macroeconomic indicators and supporting fundamental aspects. Leveraging the vast market potential in Asia calls for the adoption of innovative and strategic initiatives to seize the prevailing opportunities.

The Asian Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) 2023 serves as a platform to seize these opportunities by facilitating strategic collaboration among stakeholders in this sector. Held on October 28-29, 2023, in Jakarta, Indonesia, ACE-YS is bringing together key stakeholders like , including businesses, investors, communities, and policymakers in the creative and digital economy. This summit is poised to connect young creatives from across Asia to discuss and drive collective action on issues emerging in the creative and digital economy industry, such as  the lack of skills, knowledge, networks, global recognition, and connections with investors.

Odo R.M. Manuhutu, Deputy Coordinating Minister for Tourism and Creative Economy, at Coordinating Ministry for Maritime Affairs and Investment, Republic of Indonesia, emphasizes the importance of cultural diplomacy, which should be a concern for all parties. He states, "The burgeoning opportunities in Asia's creative and digital economy require the bolstering support of cultural diplomacy. Moreover, this initiative represents the government's role in facilitating and creating an enabling ecosystem forthe advancement of creative and digital economy, including for the young people. Against this background, we are aligning ACE-YS with the objectives of ASEAN-Indo-Pacific Forum."

This initiative has garnered enthusiastic support from Lazada Indonesia, leading to collaboration that positively impacts the ecosystem. Ferry Kusnowo, Executive Director of Lazada Indonesia, asserts that Lazada aims to act as a catalyst in accelerating the growth in digital and creative economiy in Southeast Asia, particularly in Indonesia.

Lazada's support for ACE-YS reaffirms Lazada's commitment to spurring economic progress in Southeast Asia through the empowerment of  young generations. “We believe that, with Lazada's extensive network across numerous Southeast Asian nations, we can facilitate ample opportunities for the youth in the region to forge connections and foster collaborations within Lazada's vibrant creative and digital economy ecosystem,," says Ferry Kusnowo.

Fadhila Hasna Athaya, Representative of the Steering Committee for ACE-YS, mentions that in its inaugural year, they will focus on exploring the Asian market potential. "ACE-YS is an initiative by young people who want to engage with various stakeholders in the creative and digital ecosystem to meet, share experiences, create collaborations and opportunities, and exchange policy strategies at the national level. The hope is that this platform will further expand networks and collaboration opportunities in various creative sub-sectors."

Riding the "New Waves from the SEA", ACE-YS strives to be a hub for youth collective action in mapping and connecting Asian participants in navigating global opportunities in the creative and digital economy, starting from Southeast Asia (SEA). This summit is geared towards promoting a vibrant and sustainable creative and digital economy in Asia by realizing the potential of the young generation and harnessing demographic dividends in the region.

No.SP-194/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2023

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi