Presentasi Uji Publik, Kemenko Marves Tekankan Transparansi dalam Pelayanan Publik
Marves - Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sebagai Badan Publik, melaksanakan Presentasi Uji Publik pada Rabu (29-11-2023). Acara ini merupakan bagian dari tahapan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2023 oleh Lembaga Komisi Informasi Pusat (KIP).
Presentasi Uji Publik Kemenko Marves diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim, Sugeng Santoso, didampingi oleh Kepala Biro Komunikasi, Andreas Dipi Patria. Kedua pejabat Kemenko Marves inilah yang mempresentasikan hal yang sama pada tahun lalu.
Staf Ahli Sugeng menyatakan bahwa Kemenko Marves memberikan informasi yang simetris melalui transparansi dan telah menerapkan berbagai inovasi untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik, termasuk website PPID terintegrasi dengan enam layanan Kemenko Marves. Layanan tersebut meliputi Pengaduan Layanan Publik, Permohonan Audiensi, Permohonan Konsultasi, Permohonan Rakor Penyelesaian Isu, Audiensi Penyelesaian, dan Penanganan Isu Kemaritiman.
Kemenko Marves juga telah mendorong Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan mengembangkan interoperabilitas antara PPID, PESAN, WBS, Media Sosial, dan SP4N-LAPOR!
"Kemenko Marves mengoordinasikan interoperabilitas sistem informasi dalam satu platform/dashboard agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan informasi dan pengaduan di Kemenko Marves," jelas Staf Ahli Sugeng.
Selain itu, Kemenko Marves melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat melalui berbagai kanal seperti website, media sosial, YouTube, majalah Marves, dan kanal informasi lainnya.
"Dalam penyebarluasan informasi, Kemenko Marves juga bekerja sama dengan stakeholder, akademisi, komunitas, dan asosiasi untuk mensosialisasikan program dan kegiatan Kemenko Marves kepada masyarakat," tambah Staf Ahli Sugeng.
Pengembangan layanan informasi yang ramah kepada kelompok rentan juga menjadi upaya Kemenko Marves dalam mewujudkan keterbukaan informasi yang merata di seluruh lapisan masyarakat.
"Dengan dukungan teknologi informasi layanan kepada kelompok rentan telah dikembangkan di dalam website PPID dengan alat bantu suara dan penyesuaian teks bagi penyandang kelainan mata," tutup Staf Ahli Sugeng.
No.SP-305/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XII/2025
Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi