Bangun Citra Positif Pemerintah Bersama Kemenko Marves
Marves - Jakarta, Dalam rangka membangun citra positif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) khususnya terhadap masyarakat luas, Biro Komunikasi Kemenko Marves melaksanakan workshop “Membangun Citra Pemerintah”. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Biro Komunikasi (KaroKom) Andreas Dipi Patria.
“Kemenko Marves sebagai sebuah lembaga publik perlu menciptakan citra yang baik bagi masyarakat, untuk memastikan informasi yang dikeluarkan dapat diterima masyarakat dengan baik,” kata KaroKom Andreas membuka acara, Jumat, 02-09-2022.
Untuk membangun citra serta reputasi suatu lembaga, KaroKom Andreas mengungkapkan tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pemahaman serta kemampuan yang baik untuk dapat mengemas informasi agar dapat dipercaya oleh masyarakat. Semakin baik pengemasan suatu hal, semakin kuat pula kepercayaan masyarakat yang dalam hal ini kinerja Kemenko Marves sebagai salah satu instansi pemerintah.
“Oleh sebab itu, melalui workshop ini saya harapkan, teman-teman semua dapat memahami cara pengolahan dan pengemasan informasi agar dapat membentuk citra dan reputasi yang baik,” jelasnya.
Menambahkan KaroKom Andreas, Koordinator Hubungan Masyarakat Khairul Hidayati mengingatkan jika perlu diingat bahwa citra atau reputasi ini nantinya bukan hanya dibentuk saja, namun juga harus dipertahankan dan berjalan bersamaan dengan adanya komitmen dalam melaksanakan prosesnya agar terciptanya hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.
“Ini menjadi perhatian penting bagi seluruh pegawai lingkup Kemenko Marves, terlebih khususnya di bagian Hubungan Masyarakat (Humas) selaku penjembatan pemerintah dengan masyarakat/ publik,” ujarnya.
Hadir di lokasi, Pakar Komunikasi Emilia Bassar mengungkapkan salah satu strategi untuk menciptakan reputasi yang baik adalah dengan “branding”.
“Kenapa branding dianggap penting? karena branding dengan cepat menjadi strategi penting di sektor publik. Pemerintah menggunakan strategi branding untuk mempromosikan kebijakan, program, dan layanan. Bagaimana cara kita memperomosikan Kemenko Marves bahwa kementerian ini punya perbedaan sendiri dengan yang lainnya, bagaimana kita bisa mendapat perhatian dari ‘sasaran’ kita tentunya dengan nilai yang positif,” jelasnya.
Dengan demikian, jika brand yang kita sampaikan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh publik, maka secara tidak langsung kita akan mendapat kepercayaan oleh masyarakat dan memberikan suatu reputasi yang baik pula.
“Dengan reputasi yang baik itu kita dapat membangun kepercayaan karyawan, pelanggan, dan stakeholders utama lainnya, serta meningkatkan kepercayaan publik pada produk dan layanan organisasi. Tak hanya itu, reputasi yang baik juga menjaga tim kerja yang kuat,” pungkasnya.
Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
No.SP-230/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2022