Kemenko Marves Sosialisasikan Budaya Kerja, Deputi Firman : Budaya Kerja Baik adalah Pondasi Keberhasilan
Marves - Bandung, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Muhammad Firman Hidayat menyampaikan budaya kerja yang baik adalah pondasi keberhasilan dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini disampaikan dalam acara Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Lingkup Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim pada Jumat (15/9) di Bandung, Jawa Barat.
"Budaya kerja yang baik adalah pondasi keberhasilan. Melalui sosialisasi budaya kerja Kita harus mengedepankan budaya kerja dan penerapan nilai dasar kode etik ASN dalam setiap aspek pekerjaan kita," ungkap Deputi Firman dalam sambutannya.
Dalam agenda kali ini, Deputi Firman menjelaskan akan dilakukan beberapa agenda sekaligus. Pertama, sosialisasi terkait penyederhanaan struktur organisasi sosialisasi yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penilaian Penyederhanaan Struktur Organisasi dan Penyesuaian Sistem Kerja Dalam Rangka Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2023.
"Ini saya rasa sangat penting dilakukan untuk memberi gambaran terhadap tata cara penilaian penyederhanaan struktur organisasi yang juga ada kaitannya dengan Sistem Kerja pada instansi pemerintahan. Diharapkan sosialisasi ini akan membantu kita semua untuk menetapkan struktur kinerja dengan lebih baik. Kami berharap agar semua pihak dapat memberikan masukan dan kerjasama dalam proses ini," tambah Deputi Firman.
Selain itu, acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Penyusunan Training Need Analysis dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan bahwa ASN di Kemenko Marves telah menempati jabatan sesuai kemampuan dan fungsinya sehingga menjadi Sumber Daya Manusia Aparatur yang berkualitas dan berintegritas.
"Sesuai dengan tugas dan fungsi Kemenko Marves yaitu sinkronisasi, koordinasi, dan pengendalian maka pelayanan publik yang dilakukan di lingkup Kemenko Marves pastilah sering kali beririsan dengan peran dari Kementerian Teknis di bawah Kemenko Marves. Evaluasi Pelayanan Publik yang telah dilakukan oleh Deputi Sumber Daya Maritim akan membantu kita dalam menganalisis kendala serta berdiskusi dalam mencari jalan keluar terkati peningkatan pelayanan publik," papar Deputi Firman.
Kemudian, agenda ketiga adalah Evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP). Deputi Firman berharap ini dapat membantu untuk memastikan bahwa SOP kita selalu relevan dan efisien sesuai dengan proses bisnis dan alur kinerja administrasi yang berlaku di unit kerja Deputi Sumber Daya Maritim.
Plt. Sekretaris Deputi (Sesdep) Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Aniza Supita juga menyampaikan agenda kali ini akan mencakup evaluasi pencapaian target Zona Integritas, pengidentifikasian hambatan, serta penyusunan rencana perbaikan yang lebih baik. Sehingga, dapat mengevaluasi pelaksanaan Zona Integritas di lingkup Deputi Sumber Daya Maritim, serta mengidentifikasi perbaikan yang perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola di dalam organisasi.
"Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rapat ini, Saya sampaikan apresiasi yang terbaik buat anda. Segala upaya anda, telah menunjukkan komitmen bersama dalam mencapai Zona Integritas. Setiap diskusi dan keputusan yang diambil dalam rapat ini akan didokumentasikan dengan baik. Kita juga akan menetapkan tindak lanjut yang jelas untuk setiap poin yang dibahas," ungkap Plt. Sesdep Aniza.
Menutup sambutannya, Deputi Firman menegaskan kepada seluruh pejabat dan staf agar selalu mendukung dan melaksanakan zona integritas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. "Dalam kesempatan ini, saya ingin menegaskan dan kembali mengingatkan kepada seluruh pejabat dan staf di Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim untuk mendukung dan melaksanakan Zona Integritas ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjadikannya sebagai budaya dalam sistem kerja kita. Sehingga kita dapat bekerja dengan penuh integritas dan profesionalisme," tutup Deputi Firman.
Dalam acara ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PANRB yang memaparkan tata cara penilaian penyederhanaan struktur organisasi dan penyesuaian sistem kerja sesuai SE MenPANRB Nomor 15 tahun 2023. Dilanjutkan dengan Sosialisasi Sistem Kerja di Kemenko Marves sesuai Permenko No 2 Tahun 2023 tentang Sistem Kerja di lingkungan Kemenko Marves oleh Kepala Biro Hukum Kemenko Marves.
Seusai rehat, dilanjutkan Bimtek Penyusunan Training Need Analysis sebagai Identifikasi Kebutuhan Kompetensi Pegawai ASN oleh Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian Negara. Kemudian, Materi aktivasi budaya kerja berAKHLAK dan employer branding bangga melayani bangsa oleh Asisten Deputi Penguatan Budaya Sumber Daya Manusia Aparatur, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Kementerian PANRB. Dilanjutkan dengan pemaparan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara terkait Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku ASN, dan Netralitas ASN. Ditutup dengan pemaparan oleh Kepala Biro Komunikasi Kemenko Marves terkait Jenis-jenis Pelayanan Publik Kemenko Marves.
Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi
No.SP-215/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2023