Pejabat

Luhut Binsar Pandjaitan

MENTERI KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI

Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan (lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatera Utara, 28 September 1947) adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia saat ini. Ia juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015. Pada 12 Agustus 2015 ia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno. Dalam reshuffle Kabinet Kerja Jilid II pada tanggal 27 Juli 2016, dia diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli. Dalam Kabinet Indonesia Maju tahun 2019, ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Ayodhia G L Kalake

SEKRETARIS KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI

Ayodhia G. L. Kalake saat ini dipercaya sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi. Sebelumnya beliau dipercaya sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi (Tahun 2020-2021)/ Selain itu Sesmenko Ayodhia juga pernah bertugas pada Kementerian Luar Negeri di Kedutaan Besar Indonesia untuk Spanyol dan Jerman. Selain itu pernah menjadi Konsultan Umum Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
Sesmenko Ayodhia merupakan lulusan Universitas Padjajaran, serta Magister Universidad De Complutense, di Madrid, Spanyol.

Basilio Dias Araujo

STAF AHLI BIDANG SOSIO-ANTROPOLOGI MARITIM

Basilio Dias Araujo saat ini dipercaya sebagai Staf Ahli Bidang Sosio-Antropologi Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Sebelumnya, Beliau menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi sampai dengan Oktober 2022. Beliau pernah mengemban tugas sebagai Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim sampai dengan Januari 2021. Alumni dari University of Manchester dengan jurusan Critical Theory ini, menyelesaikan studi S2nya sejak tahun 1997. Pada tahun 2014, Beliau mendapatkan Piagam Penghargaan Sebagai Pejuang Timor Timur oleh Menteri Pertahanan pada saat itu.

Jodi Mahardi

DEPUTI BIDANG KOORDINASI KEDAULATAN MARITIM DAN ENERGI

Jodi Mahardi menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sejak Oktober tahun 2022. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim. Pada tahun 2018, beliau pernah mengemban tugas sebagai diplomat karir dengan tugas terakhir di KBRI Washington DC. ?Beliau menerima gelar sarjana dari University of Massachusetts Boston pada tahun 2001 dan program pascasarjana dari Unversity of St. Thomas, Houston, pada tahun 2011. Selain itu, Deputi Jodi juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jendral Federasi Atletik Indonesia periode 2021-2027.

Rachmat Kaimuddin

DEPUTI BIDANG KOORDINASI INFRASTRUKTUR DAN TRANSPORTASI

Rachmat Kaimuddin, lahir di Makassar, 15 April 1979, adalah Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dalam perannya, ia memberikan saran strategis tentang inisiatif pemerintah mulai dari mekanisme transisi energi, infrastruktur dan transportasi yang berkelanjutan, hingga peluang investasi asing ke Indonesia. Ia juga terlibat memfasilitasi berbagai layanan pemerintah menjadi digital.
Selama 20 tahun pengalamannya, Bapak Rachmat Kaimuddin telah mengambil peran eksekutif senior di berbagai industri, seperti ekuitas swasta (2012-2014), layanan penerbangan (April 2020-sekarang), produsen semen (2016-2018), dan perbankan pelayanan (2014-2019). Baru-baru ini, sebagai Chief Executive Officer (2020-2022), ia memimpin penggalangan dana untuk e-commerce Bukalapak di Indonesia melalui IPO terbesar di tanah air hingga saat ini.
Bapak Rachmat Kaimuddin menerima gelar BSc di bidang Teknik Elektro dari Massachusetts Institute of Technology dan MBA dari Stanford University.

Nani Hendiarti

DEPUTI BIDANG KOORDINASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN KEHUTANAN

Merupakan satu-satunya perempuan di jajaran Deputi yang diberikan amanah untuk membantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan. Perempuan kelahiran Jakarta ini, memiliki berderet pengalaman disiplin ilmu di bidang biologi, bahkan gelar Doktor diperoleh dari University of Rostock – Jerman (2003) jurusan Biologi Laut. Sedangkan Pendidikan Magisternya diselesaikan di University of Dunde – Skotlandia (1998), pendidikan Strata-1 di Institut Teknologi Bandung (1992). Prestasi pendidikan ini, menjadikan beliau masuk dalam 100 Peneliti Perempuan Indonesia Berprestasi yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia (2011).
Jabatan yang diemban sekarang, merupakan capaian tertinggi saat ini. Sebelumnya, beliau pernah menjadi Asisten Deputi Pendayagunaan IPTEK Maritim (2015-2020) dan sebelumnya sebagai Kepala Bidang Teknologi Pemodelan Sistem Sumber Alam Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (2009-2015). Atas pengabdiannya selama ini sebagai abdi negara, beliau mendapat penghargaan/prestasi dari Presiden Republik Indonesia yaitu Satyalancana Kebaktian Sosial (2015), dan Satyalancana Wira Karya (2015). Penghargaan lain berupa Award for the best three on writing competition for marine science & technology articles dari Menteri Kelautan dan Perikanan (2009) dan masih banyak lagi penghargaan/prestasi yang diperolehnya.

Odo R.M Manuhutu

DEPUTI BIDANG KOORDINASI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Odo Manuhutu saat ini dipercaya sebagai Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Sebelumnya pada Kementerian ini, beliau dipercaya sebagai Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif (2020) dan Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim (2018-2020). Pada Kementerian Luar Negeri, Odo pernah mengemban jabatan sebagai Direktur Pelatihan Diplomatik Senior (2014-2018) dan Minister Counsellor (2011-2018). Selain itu Odo pernah mengemban tugas sebagai Utusan Tetap Republik Indonesia Untuk PBB di New York sebagai Konselor (2011) dan Sekretaris Utama (2007-2011).
Odo merupakan lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Harvard, Kennedy School of Government (2010-2011), Magister Hubungan Internasional di Universitas The Fletcher School at Tufts (2005-2006) dan Diplomacy-International Relations di Universitas Oxford (1997-1998).

Septian Hario Seto

DEPUTI BIDANG KOORDINASI INVESTASI DAN PERTAMBANGAN

Septian Hario Seto yang akrab disapa Seto telah berhasil mengatur dan mengarahkan berbagai skema pembiayaan proyek pemerintah di berbagai sektor, dari energi ke infrastruktur hingga pariwisata. Seto pernah mengemban berbagai jabatan sebagai Staf Khusus di berbagai Kementerian seperti Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sejak 2015 dan diakui ahli dalam menstrukturkan pendanaan proyek yang efektif dan efisien dalam sektor pemerintah dan swasta.
Seto lulus dari Universitas Indonesia dengan gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 2006 dan SKEMA Business School di Perancis dengan gelar Magister Keuangan Internasional pada tahun 2008. Seto pernah bekerja dengan Principia Management Group sebagai analis dan bekerja sebagai Manajer Keuangan di PT Toba Bara Sejahtera. Sebagai salah satu karyawan terbaik di kedua perusahaan, Seto direkrut oleh Pemerintah. Seto menggunakan keahliannya dalam pembiayaan ekuitas dan utang, restrukturisasi utang, dan strategi manajemen krisis dalam industri pertambangan batubara dan menerapkannya pada berbagai proyek infrastruktur seperti LRT Jabodebek, Bandara Internasional Jawa Barat, Bandara kediri, dan lain-lain.

Okto Irianto

STAF AHLI BIDANG HUKUM LAUT

Okto Irianto, S.I.P, MA. yang akrab disapa SAM Okto telah berhasil melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian atas isu-isu yang terkait hukum laut, seperti kasus hukum perdata/pidana yang terjadi di laut. SAM Okto pernah mengemban berbagai jabatan sebagai Kepala Bidang dan Kepala Kantor di Bea Dan Cukai, serta berbagai jabatan sebagai staf di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.
SAM Okto lulus dari Universitas Gadjah Mada dengan gelar Sarjana Ilmu Politik pada tahun 1994 dan Flestcher School of Law and Diplomacy, Tufts University dengan gelar Master of Arts in International Relations pada tahun 2002. SAM Otto pernah bekerja dengan Bea dan Cukai sebagai Kepala Bidang Kepatuhan Internal KPU Bea Dan Cukai Tipe A Tanjung Priok dan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno-Hatta. Pelantikan SAM Okto dilandasi oleh Keputusan Presiden Nomor 98/TPA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenko Marves.

Sugeng Santoso

STAF AHLI BIDANG EKONOMI MARITIM

Dr. Sugeng Santoso yang akrab disapa SAM Sugeng telah berhasil penyempurnaan penyusunan Indeks Kepemimpinan Maritim dan Indeks Kedaulatan Maritim serta perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB) Maritim. Dr. Sugeng Santoso pernah mengemban berbagai jabatan di Deputi PKT – BPPT sejak tahun 2006 dan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi sejak tahun 2017.
SAM Sugeng pernah mengikuti diklat, Diklatpim Tk III Angkatan XXI Tahun 2010 dari 8 Maret sd 25 April 2010 sebagai peserta tebaik I (juaraI), Diklatpim Tk II Angkatan VIII Tahun 2016 selama 4 bulan sebagai Peserta Terbaik I serta mendapat Piagam Penghargaan Peserta Terbaik I. Sugeng pernah bekerja dengan Deputi PKT – BPPT sebagai Kepala Bidang Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah, P2KTPUDPKM Eselon 3, Kepala Bidang Daya Saing Industri PPKPDS Eselon 3, pernah bekerja dengan Biro Perencanaan, BPPT sebagai Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan Eselon 3, Kepala Bagian Program dan Anggaran Eselon 3, pernah bekerja dengan Bekraf sebagai Direktur Akses Non Perbankan, dan Ketua TIM Penyusun Renstra Bekraf 2015-2019,pernah bekerja dengan Kemenko Bidang Kemaritiman sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim pada tahun 2017-2020.

Sahat Manaor Panggabean

STAF AHLI BIDANG MANAJEMEN KONEKTIVITAS

Sahat M. Panggabean yang akrab disapa SAM Sahat telah berhasil menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi Pemanfaatan Alokasi Ruang RZWP-3-K. Sahat pernah mengemban berbagai jabatan di Badan Tenaga Nuklir Nasional dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
SAM Sahat lulus dari Universitas Indonesia dengan gelar Doktor Ilmu Lingkungan pada tahun 2009. SAM Sahat pernah bekerja dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional sebagai Peneliti, bekerja sebagai Asisten Deputi Urusan Lingkungan dan Kebencanan Maritim di Kemenko Maritim dan Investasi, bekerja sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas di Kemenko Maritim dan Investasi. SAM Sahat menggunakan keahliannya dalam melakukan indeks Kesehatan laut Indonesia (IKLI) dan Investasi terdapat 10 goals yang ditinjau dari status kini dan kecenderungan di masa depan.

M. Firman Hidayat

PLT. DEPUTI BIDANG KOORDINASI SUMBER DAYA MARITIM

Mochammad Firman Hidayat atau Firman bergabung di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Juli 2021, bertepatan dengan terjadinya lonjakan varian Delta di Indonesia dan diberikan kepercayaan sebagai salah satu tim inti dalam merancang PPKM Jawa-Bali. Selain itu, Firman juga bertanggung jawab dalam memberikan informasi terkini serta analisis secara berkala terkait perkembangan perekonomian kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sebelumnya, Firman berkarir di Kementerian PPN/Bappenas dan bertanggung jawab dalam merancang Kerangka Ekonomi Makro Nasional dalam Rencana Pembangunan Nasional (RKP dan RPJMN), menganalisis dan memproyeksikan indikator ekonomi makro, melakukan riset terkait pembangunan nasional, serta mengembangkan model ekonomi. Firman juga pernah membantu Dr. Syahrir, Penasihat Ekonomi Presiden pada tahun 2004-2009.

Firman memperoleh gelar sarjananya dari program studi Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2006. Firman melanjutkan studi masternya di Graduate Program in Economic Development di Vanderbilt University, Nashville, Amerika Serikat. Saat menempuh master di Vanderbilt University, Firman juga menerima James S. and Rosemary Worley Award, yaitu penghargaan tahunan yang diberikan kepada mahasiswa tahun pertama yang menunjukkan performa gemilang selama menjalani masa studi di program studi tersebut.